Pages

Rabu, 20 Februari 2013

ARRAY


Array adalah sebuah kumpulan data yang terdiri dari tipe data yang sama. Setiap nilai yang berada di dalam array disebut dengan element, apapun tipe datanya. Nomor-nomor data yang menunjuk pada element array disebut subscript atau offset.

Array dapat digambarkan sebagai sebuah rak dengan ukuran yang sama dan untuk menyimpan barang-barang yang sejenis (bertipe sama). Misalkan rak untuk menyimpan jenis-jenis baju. Perhatikan gambar di bawah ini :

Rak di atas bernama baju, terdiri dari 4 rak yang diberi nomor 0 s.d. 3 dan rak tersebut diisi dengan jenis-jenis baju untuk keperluan tertentu. Dalam contoh di atas ada 4 jenis baju, yaitu pesta,tidur,santai, dan olahraga sehingga dapat disebut rak baju mempunyai 4 element. Apabila kita memerintahkan komputer untuk mengambil baju tidur, maka akan dituliskan :

tipe_data baju[2]; //menunjuk pada rak ketiga

Syntax array adalah sebagai berikut :

tipe_data nama_array[jml_element];

Kita dapat mengakses elemen-elemen array dengan menunjuk kepada nomor elemen array. Nomor offset elemen array dimulai dari nol sehingga elemen array yang pertama adalah :

namaArray[0];

Sebagai pegangan kita tentang penomoran array dengan elemennya, maka dimisalkan sebuah array cobaArray[n] pasti mempunyai n elemen yang dinomori dengan cobaArray[0], cobaArray[1], sampai dengan cobaArray[n-1]. Ada programmer yang menganggap bahwa cobaArray[0] merupakan elemen array ke nol. Hal ini bukan merupakan hal yang baik, karena jika cobaArray[0] merupakan elemen ke nol, maka cobaArray[14] merupakan elemen ke-14. Apakah demikian ? Coba kita amati rumus di atas, bukankah sebenarnya cobaArray[14] merupakan elemen ke-15 dari array cobaArray. Oleh karena itu, lebih baik jika kita dari awal menyebut bahwa cobaArray[0] merupakan elemen pertama dan nomor offset-nya nol.

perhatikan source code berikut sebagai contoh program.



Hasil dari source di atas ketika dijalankan sebagai berikut :


Ikuti posting programing selanjutnya, saya berterima kasih jika pembaca turut berkontribusi dengan menyertakan komentar jika ada kekurangan pada post ini.

0 komentar:

Posting Komentar

UIB BATAM

UIB BATAM
KAMPUS SAYA SIAHKAN KLIK GAMBAR !!!

CALENDER

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

ABOUT ME

Nama saya Randi Perdana Arman
NPM 1231050
Prodi Sisteminformasi di Universitas intenational Batam
Boleh Komen dan Copy isi Blog saya :D
semua ini Untuk share dan belajar bersama :)


VISITORS

Randy|
Perdana Arman

Followers

PROFIL LENGKAP KU

Unknown
Lihat profil lengkapku
Visitors
Locations of Site Visitors

Featured Posts

animasi bergerak naruto dan onepiece
HELICOPTER
Guitar
SistemInformasidanKomunikasi © 2013